Erqita News

Inspiratif Akurat & Terpercaya

test

Breaking

Post Top Ad

Tuesday

Wabup Garut Melaunching Gebyar Perbaikan Rutilahu dari Baznas Garut

 

Wabup Garut Melaunching Gebyar Perbaikan Rutilahu dari Baznas Garut

Bayongbong, erqitafm. Com - Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, me- _launching_ Gebyar Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut untuk 87 penerima manfaat di Kabupaten Garut serta melaksanakan peletakkan batu pertama perbaikan rutilahu, yang dilaksanakan di Desa Bayongbong, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Senin (10/10/2022).


Wabup Garut mengatakan untuk 87 rumah ini besaran anggarannya sebesar 600 juta rupiah, dan tersebar di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.


Sementara, untuk perbaikan Rutilahu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Garut tahun ini ada sekitar 200 rumah yang menjadi sasarannya.


"Ya ini kan berdasarkan pertama dalam usulan dari kepala desa, tentu kepala desa juga hasil seleksi dari RT dari RW, dari warga masyarakat, dari berbagai macam sisi, memang di lihat rumahnya, di lihat juga mampu tidak, ini juga dari berbagai sisi memang saya akui banyak ya rutilahu yang harus kita bangun itu, makanya tadi saya minta dinas itu membuat sistem bagaimana caranya agar tidak nunggu rumah rusak (atau) rumah hancur, tapi bagaimana ketika ada yang gentingnya rusak, tidak dibiarkan," ujar Wabup Garut.


Untuk perbaikan rutilahu yang diberikan oleh Baznas Garut, imbuh Wabup Garut, per kecamatan ada sekitar 2 sampai 3 rumah yang diperbaiki.


Selain itu, ia juga memaparkan jika dalam setiap pengajuan perbaikan rutilahu ini, selalu mengalami kenaikan, walaupun pihaknya bersama dengan pihak lain sudah memberikan bantuan untuk perbaikan rutilahu ini.


"Jadi ini makanya harus ada di kita sehingga ketika kita misalkan dulu yang rumah rutilahu tuh mengajukan banyak 100 ribu kita kasih 5 ribu, tahun berikutnya bukan berkurang menjadi 95 ribu malah jadi 105 ribu, jadi malah nambah, oh ternyata karena memang pemeliharaannya dari yang dilakukan oleh masyarakat kita dikarenakan karena ketidakmampuan masyarakat jadi bertambah akhirnya (rutilahu)," tandasnya.

____________________________

Penyunting : Yanyan Agus Supianto

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Di Sini

Post Top Ad

Your Ad Spot