Siap Siap Harga Sembako Melambung Imbas Kenaikan BBM

 

Kebutuhan Bahan Pokok Diprediksi Bakal Kena Imbas Akibat Kenaikan Harga BBM

Erqita News - Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) mengungkapkan harga sembilan pokok (sembako) akan menyusul naiknya harga bakar minyak (BBM). 

Ketua Umum APPSI Sudaryono mengatakan harga sembako mungkin naik karena biaya logistik semakin mahal akibat kenaikan harga subsidi BBM. "Khususnya bahan-bahan pokok ini masalahnya adalah tentu ada faktor angkutan logistik dari tempat produksi ke pasar. 



Jadi pedagang pasar kan selalu mendapatkan barang yang dipasok. Nah dipasok itu sudah termasuk dengan harga angkutan," Sudaryono memperkirakan kenaikan harga sembako wajar terjadi karena kenaikan harga BBM berdampak luas, termasuk biaya hidup para pelaku pasar. "Banyak pedagang pasar itu orang kecil.


Sudaryono , Presiden APPSI , menyatakan harga sembako berpotensi turun karena biaya logistik naik seiring kenaikan harga subsidi BBM . 

“ Masalah bahan pokok adalah adanya hambatan logistik antara titik produksi dan pasar .Akibatnya , pedagang akan terus menerima barang Namun, itu belum termasuk harga angkutan . "


Sudaryono menilai kenaikan harga sembako wajar yang berdampak luas, termasuk biaya hidup para pedagang pasar.


"Ada banyak pasar pedagang kota kecil. Jadi selain itu, kenaikan harga BBM bersubsidi juga menaikkan biaya hidup mereka selain karena faktor kenaikan bahan pangan juga kenaikan biaya transportasi mereka," katanya

Penulis : Deni Permana

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close