6 Manfaat Daun Sawo Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Daun Sawo  Bagi Kesehatan Manusia




Manfaat Daun Sawo
Daun Sawo Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan




Siapa Yang Tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini,sebagian besar mungkin mengenali tumbuhan atau pohon sawo,karena tanaman ini bayak digemari masyarakat .Pohon sawo,merupakan tanaman yang terkenal dengan buahnya yang memiliki rasa manis,dan sebagian besar dapat tumbuh sempurna di daerah tropis namun tidak banyak orang yang mengetahui khasiat dan kegunaan daun sawo.Dari hasil penelitian ternyata daun sawo mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.






Berikut Manfaat Dan Khasiat Daripada Daun Sawo

Daun Sawo dikenal ampuh untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti  sakit perut,mencret melancarkan peredaran darah  Mencegah animea.

Sawo memiliki sejumlah nutrisi penting. Buah ini mengandung sejumlah besar vitamin A, B dan C. Sawo juga sumber mineral yang baik seperti tembaga, niasin, zat besi, kalsium dan fosfor. Dengan kombinasi nutrisi sehat ini, manfaat sawo mampu mencegah penyakir dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Sawo mudah ditemukan dan dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus. Berikut manfaat sawo bagi kesehatan yang berhasil di rangkum dari berbagai sumber.







 Sawo Sangat Baik untuk pengelihatan

Sawo mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A membantu dalam meningkatkan penglihatan di semua umur. Konsumsi sawo secara teratur dapat menunda penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula. Manfaat sawo menjadi sumber alami vitamin A yang lebih baik dari suplemen.







Sehatkan tulang

Sawo memiliki jumlah kalsium yang berlimpah yang membantu memperkuat dan meningkatkan kualitas tulang. Jumlah tambahan kalsium, fosfor dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahan mereka.

 Sawo juga kaya akan zat besi dan fosfor. Mengonsumsi sawo merupakan sumber yang bagus untuk menguatkan tulang. Ini dapat mencegah osteoporosis dan mendukung pertumbuhan tulang pada anak. Sawo juga baik untuk menjaga gigi dari lubang dan kerusakan lainnya.






Cegah peradangan dengan tingkatkan kekebalan

Sawo memiliki kandungan tanin yang tinggi. Senyawa ini berfungsi sebagai anti-inflamasi alami. Sawo dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Vitamin C dalam sawo meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi. Efek ini berguna untuk membersihkan radikal bebas berbahaya. Manfaat sawo membantu mencegah efek virus, bakteri, dan parasit dalam sistem organ internal.







Mendektoksifikasi tubuh

Manfaat sawo bertindak sebagai diuretik dan dengan demikian membantu menghilangkan bahan limbah dari tubuh. Sawo mencegah edema atau retensi air dengan mempertahankan konsentrasi air di dalam tubuh. Selain kaya akan serat makanan, vitamin A dan B, dan C, sawo juga dikemas dengan anti-oksidan. Karena adanya antioksidan polifenolik, sapota ditemukan memiliki beberapa sifat anti-virus, anti-parasit dan anti-bakteri.






Memelihara Pencernaan

Vitamin C pada sawo menghancurkan radikal bebas berbahaya sedangkan potasium, zat besi dan folat, niasin dan asam pantotenat memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan dengan baik.






Cegah sembelit

Manfaat sawo menyediakan jumlah serat makanan yang tinggi. Ini bisa menjadi agen pencahar alami yang baik. Kandungan serat mampu melancarkan BAB yang tidak lancar. Ini juga mendukung membran usus besar dan membuatnya tahan terhadap infeksi.






Mengobati gangguan lambung dan usus

Sawo mengandung senyawa khusus yang disebut tanin, polifenol yang terbentuk secara alami yang menetralkan asam dengan mengendapkan protein. Tanin juga memiliki sifat anti-parasit, anti-inflamasi antivirus dan antibakteri. Sifat anti-inflamasi mencegah masalah kesehatan seperti gastritis dan gangguan usus.






Cara pengolahan Daun Sawo

Ambil 5 lembar DaunSawo yang masih muda lalu cuci dengan air bersi kemudian rebus  tambahkan air kurang lebih 300 cc  biaekan hingga matang.
Setelah airnya mendidih rebusan daun sawo bisa di minum 3 Kali sehari.

*Penulis : Siti.N*






0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close