Erqita News

Inspiratif Akurat & Terpercaya

test

Breaking

Post Top Ad

Saturday

Warga Cikarang Sukses Ciptakan Ayam Pelung Dengan Cara Kawin Silang


Kawin Silang Ayam Kampung Dengan Ayam Pelung
Anak Ayam Pelung Hasil Kawin Silang Dengan Ayam Kampung


Cisewu,E,News
Ayam pelung merupakan salah satu ayam asli Indonesia yaitu,berasal dari daerah Cianjur Jawa barat yang memiliki ciri khas suara ayam pelung berbeda dengan ayam,-ayam lainnya.


Ayam kampung merupakan ayam yang memiliki potensi untuk dikembangkan,namun pertumbuhan ayam kampung tergolong rendah,sehingga kurang diminati di industrikan,tetapi padahal kandungan protein nya cukup baik.Oleh karena itu perfomanya perlu ditingkatkan dengan cara penyilangan dengan jenis ayam lain.



Dengan kreatifnya membuahkan inovatif yaitu dengan menyilangkan jenis ayam pelung dengan jenis ayam kampung
Dengan pengelolaan yang telaten.

Salahsatunya yaitu,Jajang Gunawan
Kampung Hegarmanah RT.03 RW.01 Desa Cikarang Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut.



Jajang berhasil menyilangkan ayam pelung dengan  ayam kampung seperti dikatakan kepada media E.News,pada Sabtu,9 Juli 2022.

Awalnya hanya iseng  nernak ayam penyilangan ini.Karena bermula dari tetangga yang memberi  ayam kampung,kebetulan saat itu lagi acara hajatan syukuran,istilah bahasa disini NYAMBUNGAN atau ikut tanda dukungan terhadap acara hajat syukuran saya.



Ayam tersebut sengaja saya rawat dan 
saya mencoba menyilangkan dengan jenis ayam pelung setelah memakan waktu dua tahun bisa di sebut berhasil.


Meskipun dalam pengelolaannya masih menggunakan alat apa adanya atau secara manual.Tapi alau kita lakukan dengan teliti terutama dalam pengolahan pakan,harus di pelajari dan pemberiannya pun Itu harus diatur.


Dan harus memberikan kasih sayang terhadap ayam tersebut agar didiri ayam ada rasa ketenangan sehingga bisa menghasilkan telur yang lebih banyak, pertumbuhannya yang baik.


Alhamdulillah sampai sekarang kurang-lebih seratus ekor yang ada,dan kalau kira- kira beratnya sudah sekitar 1,5kg atau 2kg.
Langsung sudah bisa terjual.Pungkasnya

Penulis : Enjang Yanto

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Di Sini

Post Top Ad

Your Ad Spot