Auliya Syahila, Dari Cisewu Untuk Paskibraka Garut Tahun 2022

 

Auliya Syahila, Dari Cisewu Untuk Paskibraka Garut Tahun 2022


Garut Kota – Menjadi salah seorang petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) merupakan suatu hal yang membanggakan sekaligus mengharukan. 


Hal ini dirasakan langsung oleh Auliya Syahila (16), seorang siswi kelas XI asal SMAN 12 Garut dari Kecamatan Cisewu, mewakili sekolahnya menjadi salah satu anggota tim Paskibraka dalam Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-77 Tingkat Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Lapangan Oto Iskandar Di Nata, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (17/8/2022).


Meski berasal dari wilayah yang cukup jauh dari pusat kota Kabupaten Garut, tak menggentarkan Auliya dalam melewati setiap seleksi Paskibraka ini, sehingga ia merasa senang dan bangga karena telah menjadi bagian dari detik-detik dikibarkannya sang merah putih dalam upacara kemerdekaan yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.


“Tentunya perasaannya menegangkan sekali dan bangga sekali bisa menjadi bagian Paskibraka tahun sekarang, Alhamdulillah penaikan bendera pagi tadi berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana,” ucapnya  saat diwawancarai oleh Tim Diskominfo Garut.


Perjalanannya sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Garut ini dimulai dari pelatihan yang dilaksanakan sejak bulan April lalu, kemudian dipusatkan pada tanggal 8 Agustus 2022 selama 10 hari di Hotel Suminar Garut, dan dikukuhkan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan pada 15 Agustus 2022.


Selama masa pelatihannya sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Garut, ia mengaku memiliki banyak kesan yang menarik dan bermanfaat, khususnya terkait kedisiplinan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


“Tentunya banyak sekali (momen menarik), ada pembinaan yang terutama ada dari Pak Dandim, ada dari Pak Kapolres juga, ada dari ketua BPBD Garut, ada dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga juga,” katanya.


Sebagai salah satu perwakilan dari Kecamatan Cisewu, ia mengaku bangga bisa menjadi salah satu bagian dari Paskibraka Kabupaten Garut di tahun ini, setelah sekian lama tidak ada perwakilan anggota Paskibraka dari wilayah Garut Selatan, khususnya di Kecamatan Cisewu.


“Harapannya semoga ke depannya bisa terus ada yang lolos dari selatan ya terutama, dan semoga dilancarkan untuk tahun depan tentunya buat adik-adik yang Capaska tahun depan semoga dilancarkan,” harapnya.


Rasa bangga pun turut dirasakan sang ayah, Latif Rochyana. Kebanggaan  yang telah diraih putri cikalnya ini sebagai salah satu anggota Paskibraka Kabupaten Garut. Latif menyampaikan, sejak awal masuk jenjang SMA, putrinya ini sudah memiliki minat terhadap organisasi Paskibra di sekolahnya.


Selain itu, dengan berpartisipasinya Auliya sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Garut di tahun ini, ia berharap nantinya akan ada lagi para generasi penerus yang bisa mengikuti jejak Aulya sebagai anggota Paskibraka, khususnya dari Kecamatan Cisewu.


“Harapannya ya ke depan ini kan bukan dijadikan contoh ya, tapi paling tidak ketika Auliya kemarin bisa mewakili daerah Cisewu yang memang ada di ujung Kabupaten Garut bisa tampil di tingkat kabupaten ini, adek-adeknya yang di bawah Auliya untuk bisa mengikuti jejak dia, sehingga membawa harum Kecamatan Cisewu, tentunya itu harapannya,” ujar ayah yang aktif di Radio Komunitas RASI FM Cisewu.. 


Penulis : Nindi Nurdiyanti 

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close