Rencana gas Elpiji Diganti kompor Listrik 1000 Watt Tuai Kritik

 

Gas Elpiji 3 Kilo
Rencana Gas Elpiji ukuran 3 Kg diganti dengan kompor listrik daya 1000 Watt

Erqitafm.com - Tabung Gas elpiji  3 kilo garam direncanakan Diganti dengan Kompor Listrik daya 1000 Watt,menuai kritik.Hal tersebut dinilai akan menimbulkan masalah baru.


Saat ini yang menggunakan gas elpiji ukuran 3 kilo gram,berasal dari golongan keluarga kurang mampu.Sementara kompor listrik  daya 1000 watt,ini akan sulit digunakan oleh masyarakat yang menggunakan listrik dengan daya 450,900,dan 1200 wat.


Pemerintah menyebutkan kebijakan ini sedang diuji di sejumlah daerah.Plt Direktur jendral ketenagalistrikan kementrian ESDM Dadan Kusdian mengatakan dalam uji coba di tiga Kota.

"Saat ini sedang uji coba di tiga kota,masih dipelajari respon Masyarakat juga aspek teknis dari kompor listrik tersebut", Ungkapnya Sabtu (17/9/22).


Baca Juga Bberita Lainnya 

Di Rancabuaya Id


Proses uji coba  saat ini adalah kompor listrik dua tungku,Dengan kapasitas daya 1000 watt, uji coba ini dilakukan oleh PLN,jadi dibuatkan jaringan khusus dirumahnya  untuk kompor,jelasnya.


Sementara itu Managing Director Political Economy And Policy Studies (PEPS) Antoni Budiawan mengungkapkan  rencana Konversi dari gas elpiji 3 kilo ke kompor lidtrik akan menambah masalah.


"pertama daya listrik,kelompok bawah harus migrasi  paling sedikit ke daya 1200 wat,artinya biaya pemakaian listrik dipastikan akan naik,jauh lebih besar dibanding biaya beli gas elpiji 3 kilo". ungkap dia.


Selanjutnya komporgas dan peralatan masak lainnya tentu tidak bisa dipakai lagi,masyarakat harus beli lagi peralatan masak yang sesuai dengan kompor listrik,tambah biaya lagi,pungkasnya.

Penulis : Irpan



0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close