Mengungkap Sejarah Asal Mula Rancabuaya


Pulau Rancabuaya terlihat Mirip Buaya Besar


 Rancabuaya,adalah salasatu tempat wisata yang ada di desa Purbayani,kec Caringin kabupaten Garut Jawa Barat.Jararak dari pusat kabupaten kurang lebih sekitar 90 km atau sekitar 3 jam perjalanan.


 Rancabuaya terkenal dengan keindahan pantainya dan keramahan warga pribumi,namun tidak banyak yang tau sejarah sebenarnya tentang Rancabuaya,dimana sebenarnya Rancabuaya bagai mana sejarah atau asal mula Rancabuaya.


 Rancabuaya berasal dari kata Ranca yang artinya dalam bahasa indonesia yaitu (Rawa),sedangakan kata Buaya adalah salasatu nama binatang buas yang biasa hidup di Rawa rawa.




Di kutip dari berbagai sumber,bahwa nama Rancabua berasal dari kata gabungan antara Ranca (Rawa) dan Buaya,bahkan banyak orang luar atau penggujung yang datang ke rancabuaya, sering menayakan keberadaan Rancabuaya mereka bertanya dimana keberadaan Ranca Buaya tersebut.

Baca Juga : Destinasi Wisata Di Kec Bungbulang


Untuk menulusuri hal tersebut Tim E,News mencoba mengumpulkan informasi seputar sejarah asal mula Rancabuaya,dari hasi yang dihimpun Tim Redaksi berdasarkan keterangan para tokoh masyarakat dan warga sekitar dapat di simpulkan bahwa nama Rancabuay tersebut bukan di ambi dari kata Ranca Dan Buaya.



Menurut keterangan salaseorang tokoh  masyarakat rancabuaya menatakan bahwa nama Rancabuaya bukan di ambil dari gabungan anntara Kata Ranca Dan Buaya, sementara saat ini Rancabuaya sudah terkenal kemana mana siapa yang gak kenal dengan nama rancabuaya semuanya pasti tau Rancabuaya khususnya warga Jawa Barat.



Namun dibalik terkenalnya nama Rancabuaya tersebut ternyata masih banyak yang tidak tau dimana sebenarnya Kp Rancabuaya.Karena yang selama ini terkenal dengan sebutan Rancabuay adalah nama Pantai yang jadi tujuan wisata,padahal nama pantai tersebut sebenarnya bukan Rancabuaya melainkan Pantai Ciliab.




Sejarah Rancabuaya


Sejak puluhan tahun lalu Derah rancabuaya banya di huni oleh para pensiuna TNI ( Tentara Nasional Indonesia),nama Rancabuaya memang sudah ada sejak beberapa tahun silam,namum Sampai saat ini banyak orang yang tidak tau dimana sebenarnya Rancabuaya karena Rancabuaya sekarang sudah berganti nama menjadi Purbayani.



Untuk mengungkap hal tersebut Tim E,News berhasil menemui salaseorang tokoh sejarah Tentang Rancabuaya,dia memaparkan bahawa beberapa tahun silam ada seorang pendatang asa bandung yang sengaja datang ke rancabuaya,di mengajak jalan jalan ke kawasan Puncak Guha.


Sekitar Jam 17,30  wib dia melakukan pemotoan lokasi rancabuaya dari puncak guha,namun ketika menjelang magrib di terkejut dan menghampiri saya sambil menanyakan sesuatu yangbaneh menurutnya.


Ternyata didalam poto tersebut terlihan nampak pulau rancabuaya yang menonjol ke tengah lautan napkak jelas didalam poto tersebut pulau rancabuaya yang menojol ke tengah mirip sekali dengan Seekor Buaya Besar.


Maka disitulahn nama Rancabuaya di gunakan pasalnya pulau yang sekaran Namanya desa Purbayani jika dilihat dari puncak guaha nampak terlihat seperti buaya besar yang ekornya ketengah lautan,namun tidak semua orang akan bisa melihatnya.Pungkasnya


Penulis : Admin


0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close