Pipa Saluran Air PLTMH Cirompang Jebol Sempat Di Abadikan Warga -->

Header Menu

Breaking News

Pipa Saluran Air PLTMH Cirompang Jebol Sempat Di Abadikan Warga

Cmm Media
Monday

 

Pipa Saluran Air PLTMH Cirompang Jebol Sempat Di Abadikan Warga
Pipa Saluran Air PLTMH Cirompang Jebol Sempat Di Abadikan Warga Senin (32/11/22)



Bungbulang,Erqita News - Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro ( PLTMH) Cirompang  Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Garut Jawa Barat,dikabarkan megalami kerusakan dibagian pipa saluran air bertekanan, pipa tersebut berpungsi untuk menyalurkan air menuju turbin  pembangkit listrik pada Senin (28/11/22)


Kejadian jebolnya pipa saluran air tersebut sempat mengejutkan warga sekitar, bahkan beberapa orang diantaranya sempat mengabadikan kejadian tersebut, dan disebar ke berbagai media sosial,dalam video terlihat semburan air yang begitu dahsat keluar hinga menimbulkan suara yang sangat menyeramkan.


Menurut salah seorang warga mengatakan, peristiwa jebolnya pipa saluran air tersebut terjadi pada senin (28/11/22 ) sekitar Pkl 14,20 Wib, " jebolnya pipah tersebut sekitar pukul 14,20 wib,pertama kali diketahui karena terdengar suara gemuruh seperti suara air bah".ungkapnya.


Ketua Forum Warga Dan Wartawan Garut Selatan Didit M Ibon,menganggapi peristiwa jebolnya Pipa saluran air milik PLTMH Cirompang. "Dengan meltusnya atau meledaknya pipa saluran air milik PLTMH  saya selaku Ketua Forum Warga dan Wartawan Garut Selatan, mempertanyakan bagai mana mekanisme daripada pengerjaanya itu sendiri,seyogianya menurut penelitian atau hasil ivestigasi yang ada, bahwa seyogianya pembuatan pipa PLTMH tersebut sudah diperhitungkan akan dampak terhadap lingkungan.


Dalam hal ini sudah diperhitungkan bagai mana air itu bisa masuk ke pipa tersebut,itu kan mungkin sudah di rumuskan debit dan tekanan air yang masuk berapa berapanya sudah diperhitungkan dengan teknis, sehingga tidak akan  terjadi kebocoran atau ledakan. dalam hal ini saya mempertanyakan juga bagai mana cara pengerjaannya karena  setandar setandar secara PT itu mungkin  sudah dilengkapi baik itu melalui suatu kajian atau pun teknis pengerjaan  dikerjakan oleh tenaga ahli.


Karena bukan tidak mungkin dampak dari kebocoran  dari pipa tersebut akan menimbulkan dampak kerugian terhadap masyarakat".pungkasnya.

*Dni*