Wapres RI Melakukan Kunker ke Ponpes Al-Jauhari

Wapres RI Melakukan Kunker ke Ponpes Al-Jauhari
Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja dari Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara peringatan Hari Lahir (Maulid) Ke-18 Ponpes Al-Jauhari di Kampung Sangojar, Desa Sindanggalih, Karang Tengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022



Garut,E News - Wakil Presiden RI  K.H Ma'Ruf Amin melakukan kunjunaga  ke Pondok Pesantren Al -Jauhari pada Kamis (24/11/22).

Dalam kunjunganya Wapres RI K.H Ma'ruf Amin bersama rombongan diterima langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, didampingi pimpinan pondok pesantren (ponpes) Al-Jauhari, K.H. Jujun Junaedi.


Kunjungan dimaksud dalam rangka menghadiri hari lahir atau milad ke-18 Ponpes Al-Jauhari yang berlokasi di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Kamis (24/11/2022).


Bupati Garut menyampaikan jika dalam kesempatan ini, Wapres RI dihadapan para santri memaparkan beberapa hal salah satunya terkait dengan fungsi pesantren itu sendiri.


"Nah tentu ini penting sekali ya beliau sangat bagus, (bahkan menerangkan) fungsi pesantren itu adalah memberikan program pendidikan dakwah dan juga ekonomi, baguslah (arahannya)," ujar Bupati Garut.


Ia mengungkapkan dalam kesempatan ini juga, K.H Ma'ruf  berpesan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang memiliki banyak pesantren agar bisa memaksimalkan pesantren tersebut sesuai tujuan dari undang-undang pesantren yakni mengembalikan fungsi ponpes kepada fungsi pesantren yang sebenarnya yakni fungsi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat.


"Ya (pesan) kepada Pemkab Garut itu pesantren di Garut itukan banyak maka lakukanlah sesuai dengan misi dari undang-undang pesantren itu tadi diuraikan, bagus," ucapnya.


Wapres RI, K.H Ma'ruf Amin mengajak pimpinan ponpes khususnya Ponpes Al-Jauhari untuk bisa melahirkan para santri pejuang atau mujahid ekonomi, karena menurutnya saat ini perjuangan para santri adalah melawan kemiskinan dan kebodohan melalui jihad ekonomi.


"Sekarang tidak ada penjajah, sekarang yang kita hadapi adalah kemiskinan, kebodohan. Karena itu kita sekarang membangun ekonomi, maka pesantren harus mengambil peran untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, jadi mujahid ekonomi,” kata Wapres di hadapan pimpinan ponpes, dan ratusan santri.


Ia juga berpesan agar pesantren tidak hanya menjadi lembaga pencetak santri yang menguasai ilmu agama yang baik saja, tetapi mampu melahirkan santri yang mampu menjalankan fungsi pemberdayaan ekonomi masyarakat.


"Saya titip kepada kyai dan pengurus pesantren untuk menjaga dan mendidik anak-anak kita para santri, agar mereka terus tumbuh menjadi generasi unggul, generasi pemakmur bumi (muammirin) dan ahli agama (mutafaqqih fiddin). Sehingga mereka menjadi mujahid hebat yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, karena di tangan mereka, cita-cita besar bangsa Indonesia kita titipkan,” pesannya.


Di tempat yang sama, Pimpinan Ponpes Al-Jauhari, K.H Jujun Junaedi, mengatakan jika pesantren yang ia pimpin ini didirikan tahun 2004, dan sekarang sudah memiliki 1.500 orang santri.


"Ini ulang tahun yang ke-18, jadi kalau kata orang sunda baru _lelengkah halu_. Terimakasih abah (Wapres RI) sudah datang, doakan minta tausiyahnya untuk kami semua," tandasnya.


Dalam kesempatan ini juga, Wapres RI meresmikan sebuah asrama milik Ponpes Al-Jauhari yakni Asrama Ar-Ridwan ditandai dengan penandatanganan prasasti.


Seusai meresmikan asrama, Wapres K.H Ma'ruf juga menyempatkan diri untuk menyapa para jamaah yang hadir di acara Maulid ke-18 Ponpes Al-Jauhari.

__________________________


).


Penulis : Deni P

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini