Bahaya Makanan Kurang Higienis Terhadap Kesehatan -->

Header Menu

Breaking News

Bahaya Makanan Kurang Higienis Terhadap Kesehatan

E News
Thursday

Oleh: Yanto, S.Pd, 

Guru Biologi SMAN 28 Garut


Ilustrasi bahaya  makanan kurang higienis



Erqitafm.com - Secara umum, diare bertanggung jawab 50%  terhadap gangguan pencernaan pada manusia, Data dari WHO menyebutkan 420 ribu anak  di bawah lima tahun per desember meninggal dunia. 


WHO menambahkan sebanyak 500 juta manusia manusia di muka bumi ini setiap tahunnya terkena penyakit pencernaan.

Penyebab penyakit pencernaan tersebut bisa disebabkan karena makanan terkontaminasi, bakteri, virus atau cacing yang ada pada makanan. Mikroba yang mengkontaminasi norovirus, Campylobacter, Salmonella non-tipoid,  E Coli dan Protozoa Entamoeba histolytica,  serta berbagai macam cacing parasite. 


Yanto, S.Pd, Guru Biologi SMAN 28 Garut


Penyebab makanan mengandung mikroorganisme patogen adalah karena pengolahan makanan yang kurang higienis. Misalnya bahan yang digunakan tidak di cuci secara bersih terlebih dahulu sebelum di masak, juru masak kurang menjaga kebersihan diri, penggunaan air mentah, penggunaan peralatan memasak yang kurang bersih, cara mengemasan dan pemasaran makanan yang terbuka. 


Penyebaran juga bisa melalui lalat yang hinggap pada makanan dikarenakan makanan tersebut dibiarkan terbuka. Adapun gejala yang umum terjadi adalah berupa demam, mual, muntah, sakit perut, diare, anemia, kehilangan nafsu makan sampai terjadinya penurunan berat badan. Penanganannya dengan segera dilakukan pengobatan serius.

*Yanto,SPd / Rusmin *

Editor : Deni P