Jembatan Cilumer Penghubung Caringin Dengan Kec Cisewu di Era Th. 80, An Hingga Kini Terlihat Masih Kokoh

Penulis : Peni, P 

Jembatan Cilumer yang dibangun sekitar tahun 1974 kini masih kokoh



Caringin, Erqita News – Sepenggal sejarah di era tahun 1980, dimana pada era tersebut salah satu akses jalan utama yang menghubungkan  antara kec Caringin dengan kecamatan cisewu adalah jaln yang melintasi wilayah Taneuhbeururm, Cilumer, panggalih hinga punak hamerang.


 

Pada era th 1980, jalan tersebut adalah jalan utama yang biasa dilalui oleh masyarakat jika ingin menuju kec cisewu, jalan tersebut merupakan jalan yang menopang perekonomian masyarakat sekitar.


jembatan dan jalan peninggalan jaman penjajahan Belanda


 Menurut sejarah yang di ceritakan oleh warga sekitar, konon kabarnya jalan tersebut pertama dibangun di era jaman penjajahan belenda, sebagai akses untuk mengangkut hasil bumi dari wilayah selatan .


 

 

Keberadaan jalan yang pernah mengukir sejarah itu kini tinggal bekas bekasnya saja, seperti dari hasil pantauan tim Erqita News, kondisi jalan sekarang sudah hampir tidak ada, hanya yang tertinggal jembatan Cilayu yang hingga saat ini beberapa jembatan disana terlihat masih kokoh.

 


Jembatan cilayu dibangun sekitar tahun 1974, itu terlihat pada prasasti yang masih menempel pada tembok jembatan itu. Entah apa yang jadi penyebabnya hingga pemerintah memindahkan jalan utama tersebut ke wilayah sukajaya.


 

Padahal jalan lama yang melintasi wilayah tanehbeurem, batu saheng, curug walang banyak sekali menyimpan sejarah, yang tidak mudah dilupakan oleh warga sekitar.kalo dilihat dari segi geograpis jalan lama dengan jalan yang sekarang tidak jauh berbeda, keduanya sama sama memiliki tanjakan dan turunan curam.



 

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini