Kerajinan Anyaman Bambu Tak Tergerus Oleh Jaman

***Download Aplikasi Berita  Android Erqita News Disini***


Bungbulang,Erqita News

Sejak puluhan tahun, warga di  Kp Cimangu, Desa Mekarbakti, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut menekuni kerajinan anyaman bambu.




Kerajinan anyaman bambu ini sudah diwariskan turun temurun. Dan saat ini masih bertahan di tengah gempuran produk yang terbuat dari bahan plastik.



Haji Atang, perajin anyaman bambu yang kini masih bertahan menuturkan jika sejak kecil ia sudah diajari membuat berbagai kerajinan berbahan dasar bambu tersebut.



Kini kerajinan anyaman bambu jenis Nyiru,Ayakan,Aseupan,Dll.Semua Bisa dikerjakan dalam satu hari.


Dalam menganyam bambu tersebut pun, Haji Atang nampak sangat lihai dan getol. Satu persatu anyaman teresubut,Ia kerjakan bahkan bisa menghasilkan 3 sampai 10 Biji Kerajinan tersebut. Menurutnya,Sehari bisasa menghasilkan uang Rp 50 s/d 100 ribu.



"Dalam satu hari saya bisa membuat kerajinan bambu sebanyak 3  biji, tapi kalau bikin hihid,itu bisa buat sehari sampain10 biji,Hasilnya saya jual ke pengepul yang ada di daerah ini.


Baca Jugaga

Cara Panitia Memikat Minat Warga Untik Divaksin

Kontes Ternak Domba Garut

Garut Gancar Vakainasi

Alham dulilah saya bisa menghasilkan uang kurang lebih Rp 50 ribu per hari.  Sebenarnya  kalo pesanan pesanan kerajinan itu banyak,namun karena terkendala permodalan,jadi produksi saya terbatas,harapan saya,Kedepanya mudah mudahan pemerintah bisa membantu permodalan kami.Khususnya para pengrajin anyaman bambu " Pungkasnya.


(Enjang Yanto)****





0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close