Manfaat Daun Babadotan Bagi Kesehatan Manusia




Daun babadotan memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi manusia



Tanaman Babadotan merupakan tanaman rumput liar,babadotan bisa mudah tumbuh di alam indonesia ,terkadang tanaman ini merupakan musuh bagi para petani.Namun Tahukah anda ?tanaman Babadotan ini ternyata memiliki banyak  manfaat yang sangat  luar biasa  khususnya bagi kesehatan manusia.





Daun Babadotan ini bisa dijadikan ramuan tradisional  sebagai obat penyembuh beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun babadotan ini.



Daun babadotan Yang dianggap Rumput Liar Ternyata banyak manfaatnya


Baca Juga 

Liga desa mampu lahirkan atlit nasional

Tanaman untuk basmi hama dan racun ikan

Mengobati Penyakit Kangker Hanya Dengan Ramuan Daun Pucuk Merah

 Menyembuhkan Radang Pada Telinga

Menggunakan resep  daun babadotan sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan sakit telinga Anda. Caranya dengan menggunakan air perasan daun babadotan ini. Cuci daun babadotan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus.



Setelah ditumbuk, peras dan ambil airnya. Gunakan air perasan yang terkumpul tersebut sebagai obat tetes telinga,pemakaian sehari empat kali sebanyak 2 tetes air tersebut. 





Mengobati Bisul Dan Eksim 

 Penyakit luka yang berdarah, bisul, dan eksim. Penyakit ini merupakan penyakit- penyakit yang berhubungan dengan kulit manusia. Cucilah daunbabadotan yang masih segar dengan jumlah yang sekiranya cukup sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu turapkan ramuan tumbukan daun babadotan tersebut ke bagian tubuh yang sakit. Kemudian baluk dengan menggunakan perban. Lakukan penggantian perban sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Lakukan kebiasaan ini setiap hari hingga luka sembuh.




Menyembuhkan borok

Borok merupakan salah satu penyakit kulit yang juga bisa diderita oleh siapa saja. Borok ini umumnya terjadi bagian kulit kepala. Borok ini ditandai dengan rasa yang gatal dan juga keluarnya darah sari luka tersebut. Penyakit borok yang sering membuat malu penderitanya ini ternyata dapat disembuhkan dengan daun babadotan. Seperti halnya cara penyembuhan penyakit luka ataupun bisul, pertama cuci daun babadotan yang masih segar secukupnya hingga bersih.




Lalu tambahkan sekepal nasi basi dan juga seujung sendok teh garam, kemudian giling hingga halus. Turapkan ramuan gilingan tersebut pada borok atau tempat yang sakit. Lalu balutlah dengan perban. Jangan lupa untuk sering mengganti perban ini. Lakukan kebiasaan ini hingga luka borok sembuh.





Rematik atau Asam urat

Rematik (reumatik) atau asam urat ini dapat disembuhkan dengan daun babadotan. Atau bengkak karnena keseleo juga dapat disembuhkan dengan daun babadotan. Langkah- langkah pengobatannya yaitu: sediakan 1 genggam daun beserta batang muda tumbuhan babadotan yang masih segar, satu kepal nasi basi dan ½ sendok teh garam. Kemudian cucilah daun dan batang hingga bersih, kemudian tumbuk daun dan batang muda tersebut bersama dengan nasi dan juga garam. Kemudian setelah menjadi adonan menyerupai bubur kental, oleskan adonan tersebut di bagian sendi yang sakit atau bengkak sambil dibalut dengan menggunakan perban. Diamkan selama 1 hingga 2 jam, kemudian lepaskan balutan. Lakukan perawatan seperti ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sampai luka benar- benar sembuh.


Penulis :Sinti N


0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini