Pemkab Garut Gelar Program Operasi Katarak Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu,Ikuti Cara Daftarnya Di Sini

Breakng News
#Tarogong Garut



Pemkab Garut Gelar Program Operasi Katarak Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu



Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bekerja sama dengan Rumah Sakit Medina, Mahkamah Agung RI, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, dan Pengadilan Negeri Garut, menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gartis yang akan dilaksanakan selama tiga hari di RS Medina Garut mulai tanggal 26  hingga 28 Mei 2022.






Menurut Kepala Bidang P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit)  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, Asep Surachman, Rabu (11/5/2022), kegiatan operasi katarak massal dan gratis ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang tidak mampu secara finansial untuk melakukan tindakan operasi secara mandiri dan konvensional.









"Operasi ini adalah sebuah tindakan untuk mengantisipasi kebutaan secara total bagi para penderita katarak yang diakibatkan beberaoa faktor, baik usia,  maupun faktor radiasi, kecelakaan dan faktor lainnnya," ujar Asep.








Asep menerangkan, untuk pendaftaran Program Operasi Katarak Gratis ini pihaknya kini sedang menghimpun calon peserta operasi katarak dari berbagai daerah di 42 kecamatan, melalui pendataan secara personal melalu online di 

http://tiny.cc/SkriningKatarak.


Daptar Oprasi Katarak Gratis  Klik Disini👇👇👇👇



"Bagi masyarakat yang berminat silakan daftar melalui http://tiny.cc/SkriningKatarak, dan tidak dipungut biaya alias gratis,"imbuhnya.

Setelah mendaftar, jelas  Asep, mereka yang telah mendaftarkan dirinya, Puskesmas terdekat akan melakukan dulu skrining calon peserta untuk mengetahui kondisi calon peserta katarak, guna memastikan yang bersangkutan bisa dilakukan operasi katarak. 




"Peserta nantinya sebelum dioperasi, selain dicek tekanan darah, juga dicek gula darahnya oleh petugas kesehatan di puskesmas terdekat," katanya. Skrining ini juga akan memastikan secara medis, apakah peserta tersebut benar menderita katarak dan atau tidak.





Asep menyebutkan, untuk kegiatan ini pihaknya menargetkan maksimal 400 hingga 500 orang, di mana Operasi katarak dilakukan oleh tenaga tim dokter spesialis mata yang bekerja sama dengan tim dari Mahkamah Agung RI.




Pihaknya berharap kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga masyarakat yang kurang mampu, dan membantu kesehatan mata mereka.
___________________


------------------------
Penulis : Nindi Nurdiyanti
Penyunting : Yanyan Agus SupiantoPress Release_ ini juga bisa diakses melalui laman Public Information Center Kabupaten Garut : www.picgarut.id

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini