Masyarakat Kec Pakenjeng Lestarikan Seni Tradisional Adat Sunda

Kenaikan Kelsa Dan Perpisaham Smk Alhamdaniyyah Pakenjeng 


Pakenjeng,E,News

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan keragaman suku dan kekayaan khasanah budaya Nusantara,meski perkembangan dan kemajuan teknologi kian meningkat.



 Beberapa masyarakat kecamatan Pakenjeng masih melestarikan dan menjunjung tinggi adat istiadat sebagai warisan nenek moyang yaitu seni Sunda yang berasal dari Jawa barat.

Seperti dikatakan Saehudin Ahmad S.Pd.I Kepala Sekolah Sekolah Smk Alhamdaniyyah Kampung Rahayu RT.01 RW.01 Desa Pasirlangu Kecamatan Pakenjeng,saat acara Perpisahan dan kenaikan kelas,di isi dengan kreasi seni Upacara adat Sunda dan calung.Jelas bahwa seni asal Jawa barat masih melekat di masyarakat kecamatan pakenjeng.


Dikatakan Doni Adam Selaku Camat Pakenjeng Mengatakan,selaku Camat dan sebagai bagian dari masyarakat Jawa barat, tentu saja kami merasa bangga dan menyambut baik,berbagai kegiatan wilayah kecamatan Pakenjeng yang menampilkan kesenian dan budaya Sunda.


Kami berharap,hal tersebut bisa terus dilaksanakan secara reguler karena akan sangat bermanfaat bagi kelestarian kesenian dan budaya Sunda di masa yang akan datang.Ditengah pengaruh budaya luar yang masuk kepada generasi muda melalui kemudahan informas.Tuturnya.



Guru Seni Budaya dan keterampilan Novi Sulistiani S.Pd,mengatakan Kami dari pihak sekolah ingin membangkitkan lagi budaya Sunda yang sekarang sudah terlihat kurang di minati dan sekarang Alhamdulillah masyrakat terlihat sangat antusias melihat pertunjukan kesenian Sunda yang kami tunjukan.

Pungkasnya

Penulis:Enjang Yanto

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close