-->
Erqita News

Berita Seputar Jawa Barat Terkini

  • Jelajahi

    Copyright © Erqita News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menparekraf RI Sebut Kabupaten Garut sebagai Kabupaten Pariwisata

    Cmm Media
    Sunday, Sunday, June 19, 2022 WIB Last Updated 2022-06-19T05:00:12Z

     Kabupaten  Garut menjadi salah satu travel plan yang ada di Jawa Barat




    Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menghadiri sekaligus mendampingi Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno, dalam acara Workshop KaTa Kreatif, di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu malam (18/6/2022). (Foto : Tim Diskominfo Garut).


    GARUT, Tarogong Kidul

    Kunjungan  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Salahudin Uno, ke Kabupaten Garut, menjadi indikasi semakin mengokohkan daerahnya sebagai kabupaten pariwisata.



    Hal ini dilontarkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman,, saat mendampingi Menparekraf RI  melakukan konferensi pers seusai acara Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif yang dilaksanakan di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu malam (18/6/2022).



    "Kehadiran Bapak Menteri ke sini semakin mengkokohkan Garut sebagai kota atau kabupaten pariwisata, dan tentu bukan pariwisata yang biasa tapi luarbisa, karena Pak Menteri memberikan arahan harus yang berkualitas," ujar Wabup Garut.


    Ia mengatakan, pihaknya akan mencoba menerapkan arahan yang disampaikan oleh Menteri yang akrab disapa Sandiaga Uno ini, mulai dari hulu hingga hilir.



    "Nah ini tentu arahan ini akan kami bawa sehingga bisa diterapkan di Kabupaten Garut, mulai dari pemerintah daerahnya kemudian juga para pelaku pariwisata termasuk masyarakat wisata, terima kasih Pak Menteri," katanya.


    Sementara itu, Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno, memaparkan, kunjungannya kali ini dalam rangka melihat potensi yang ada di beberapa daerah di Jawa Barat yakni Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut, di mana ia menilai bahwa ketiga kabupaten tadi merupakan salah satu _travel plan_ yang ada di Jawa Barat.



    "Kami melihat potensi mulai dari Pangandaran, Tasik, (dan) Garut sebagai salah satu _travel plan_, sebagai salah satu jalur baru pariwisata yang sangat berpotensi, dan tadi kalau kita lihat seni pertunjukan ini menjadi daya tarik utama," papar Sandiaga.


    Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut memiliki destinasi wisata yang luar biasa, dan berkelas dunia. Selain itu, lanjut Menparekraf RI, Garut juga memiliki budaya serta produk ekonomi kreatif yang juara dunia, salah satunya yakni kopi.


    "Sekarang seni pertunjukan yang kita kembangkan, harapannya tentunya akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak untuk kebangkitan ekonomi kita dan mudah-mudahan meningkatkan penghasilan masyarakat," harapnya.



    Dalam acara Workshop KaTa Kreatif ini, Menparekraf RI beserta tamu undangan disuguhkan dengan penampilan seni pertunjukan Jibrut, dan Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Seni Jibrut ini bisa diusulkan sebagai keunikan dari seni pertunjukan yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. Oleh karena itu, ia menantang Wakil Bupati Garut untuk menyelenggarakan dan membuat Festival Jibrut.


    "Mudah-mudahan bisa diwujudkan oleh Pak Wakil (Bupati Garut), dan tahun depan bisa menjadi salah satu kalender _event_ yang cukip menarik untuk bisa kita kunjungi." tandasnya.


    KaTa Kreatif sendiri merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf RI untuk menggali, mengelola, dan menumbuhkembangkan kreativitas, dan potensi lokal kabupaten atau kota di Indonesia.


    Tentunya ada beberapa manfaat dari Workshop KaTa Kreatif ini seperti peningkatan kapasitas bagi para pelaku ekonomi kreatif, mendapatkan pembekalan ilmu dan kesempatan dipromosikan produk usahanya oleh Menparekrif RI sebagi Super Mentor KaTa Kreatif, menumbuhkan jaringan usaha bagi para pelaku ekonomi kreatif, dan berbagai pengalaman serta pembelajaran dari para narasumber terbaik.


    Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

    Penyunting : Yanyan Agus Supianto

    Press Release_ ini juga bisa diakses melalui laman Public Information Center Kabupaten Garut : www.picgarut.id

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Tinggalkan Komentar Di Sini

    Terkini

    +
    ?orderby=published&alt=json-in-script&callback=labelthumbs\"><\/script>");