Upaya Pengendalian Penyakit Kronis PKM Talegong Gelar PROLANIS

 

Upaya Pengendalian Penyakit Kronis PKM Talegong Gelar PROLANIS

Talegong,E News -Sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat,Puskesmas Kecamatan Talegong Kabupaten Garut,gelar kegiatan Prolanis,Rabu (21/922).Salah satunya adalah dengan melaksanakan pelayanan skrining BPJS,dimana kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Puskesmas talegong dengan PT Kimia Farma Kabupaten Garut.


Prolanis ini dilakukan dengan tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan dan mencegah penyakit kronis di Kecamatan Talegong.Garut,Seperti dikatakan Patmawati Kepala Puskesmas Talegong,Rabu (21/09/2022).

"Dengan digelarnya kegiatan program Prolanis ini,diharapkan Usia Produktif Terskrining dengan baik dan rutin. Diharapkan juga tidak ada lagi pasien baru seperti penyakit Diabetes Melitus. Hypertensi, kalau mungkin ada pasien dengan Hypertensi dan Diabetes Melitus rutin minum obat,dan untuk saat ini pesertanya adalah kurang lebih ada sebanyak 30 orang.

Selaun itu kita pun memanfaatkan momen ini melaksanakan deteksi dini untuk penyakit tidak menular atau PTM,jelas Rina  di sela-sela pelaksanaan kegiatan Prolanis.Masih Menurutnya,jadi bagi peserta yang tidak mempunyai atau tidak termasuk dalam kepesertaan BPJS,akan kita Arahkan untuk pemeriksaan hanya gula darahnya saja,jadi tanpa mempunyai Kartu BPJS pun tidak apa-apa akan tetap kita layani.


Selain itu bagi warga masyarakat yang saat ini belum mendapatkan informasi atau pun belum pernah mengikuti kegiatan skrining kesehatan kami persilahkan,kami siap untuk melayani di Puskesmas talegong",pungkasnya.



 Adapun kegiatan yang dilakukan pada Prolanis ini meliputi ; pemeriksaan Kesehatan, cek gula darah, cek tekanan darah, cek asam urat, cek Kolesterol,serta Edukasi kepada peserta Prolanis,untuk Mencegah Penyakit serta Pengobatan apabila ada keluhan dari peserta Prolanis.

Kegiatan Prolanis ini melibatkan Dokter di PKM Talegong, Petugas PTM (Penyakit Tidak Menular)

Penulis : Yan Fajari

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close