Leuwi Kanjeng Dalem : Permata Tersembunyi Garut Selatan Memikat Banyak Wisatawan

 


Erqita News ,Cisompet - Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengungkapkan sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Garut, yaitu Leuwi Kanjeng Dalem. Terletak di Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, tempat ini menawarkan pengalaman eksklusif dalam _body rafting_ dan permainan air, dikelilingi oleh pemandangan bebatuan yang memukau.



Rudy meyakini bahwa Leuwi Kanjeng Dalem adalah kawasan istimewa di Garut Selatan, tepatnya di Sungai Cisanggiri. Meskipun perjalanannya sekitar 2,5 jam dari pusat kota Garut, keindahan objek wisata ini sebanding dengan usaha untuk mencapainya. Rudy juga merencanakan penanaman ribuan tanaman dan pepohonan untuk meningkatkan keasrian alam.


"Dan nanti satu tahun kedepan disini ada kawasan ekslusif yaitu 4000 tanaman duren, ada juga alpukat, ada juga bermacam-macam kelapa, ada kelapa pandan wangi, ada kelapa kopyor, ada kelapa hijau yang menyembuhkan, juga ada tanaman ribuan petai dan jengkol," ujarnya," ucap Bupati Garut saat kunjungannya di Leuwi Kanjeng Dalem, DesaCikondang Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Sabtu (7/10/2023).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menjajal langsung beberapa wisata air yang ada di Tempat Wisata Ekslusif Leuwi Dalem, yang berlokasi di Desa Cikondang, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Sabtu (07/10/2023).


Bupati Garut mengajak masyarakat untuk membawa keluarga mereka menikmati liburan di Leuwi Kanjeng Dalem. Tempat ini dapat dinikmati oleh wisatawan dari segala usia.


"Ini kawasan ekslusif, mari kita bermain air bersama keluarga, pelan-pelan akan dikembangkan oleh pihak swasta dan inilah yang namanya Leuwi Kanjeng Dalem. Ayo, inilah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kita usia tua dan kita bawa cucu," ajaknya.


Rudy menuturkan, Leuwi Kanjeng Dalem ini merupakan objek wisata yang ditemukannya pada tahun 2015. Menurutnya, objek wisata ini merupakan sebuah kawasan wisata yang menyuguhkan keindahan dan kenyamanan dengan jarak kurang lebih 400 meter yang dihimpit dengan batu secara alamiah.


"Ini termasuk dalam wisata desa, desa yang di-_back up_ oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, ada _body rafting_, ada juga di sini bermain ada, apapun ada di sini," katanya.


Tidak hanya keindahan alam, Leuwi Kanjeng Dalem juga menawarkan kawasan buah-buahan dan berbagai objek wisata menarik lainnya, bahkan fasilitas untuk sepeda BMX, area camping, dan offroad  disedikan dengan pengelolaan yang profesional.


"Ini kan di daerah ini ada punya swasta ya, yaitu kawasan buah-buahan, di sini juga dikembangkan untuk sepeda BMX, dan juga _camping ground_, serta di sini adalah _offroad_ yang dikelola secara profesional," ucapnya.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Margiyanto, yang turut menikmati keindahan Leuwi Dalem, menyatakan, tempat ini adalah anugerah luar biasa dari Allah SWT bagi Kabupaten Garut. Dia berharap agar Leuwi Dalem dijaga kebersihannya dan kondisi alamnya dengan baik, untuk memberikan dampak besar pada kemajuan pariwisata Kabupaten Garut dan kesejahteraan masyarakat di wilayah 

------------------------

Penulis : Nindi Nurdiyanti & M. Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini