Denpom III/2 Garut Gelar LKKB tingkat SD hingga SMA Sederajat se - Kabupaten Garut

 

Pelaksanaan Lomba Keterampilan Baris Berbaris yang diinisiasi oleh Denpom III/2 Garut di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (6/8/2022).


Garut Kota,E News - Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka secara resmi Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Denpom III/2 antar sekolah Tingkat SD/sederajat, SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Kabupaten Garut, yang dipusatkan di Lapangan Oto Iskandar Di Nata atau Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (6/8/2022). Acara ini sendiri diinisiasi Detasemen Polisi Militer (Denpom) III/2 Garut.


Dalam kegiatan ini, Bupati Garut mengapresiasi dan berterimakasih kepada Komandan Denpom (Dandenpom) III/2 Garut, Letkol Cpm (k) Wiana Warsanah, beserta seluruh jalaran, yang telah menggagas acara LKBB ini. Apalagi menurut Bupati Garut, kegiatan ini bisa memberikan motivasi kedisiplinan sejak dini terhadap anak-anak.


"Baris-berbaris pada hakekatnya adalah mendisiplinkan tubuh kita, mengikuti satu aturan secara teratur, dan ini akan mempengaruhi pola pikir dari anak anak, terutama anak anak SD," ujar Bupati Garut.


Ia berharap LKBB ini mampu menjadi kegiatan yang berkesinambungan setiap tahun oleh Denpom III/2 Garut. Walaupun, dulunya dari sekitar tahun 2014 Denpom III/2 Garut ini rutin melaksanakan pertandingan voli.


"Sekarang di zaman Ibu Dandenpom ini bisa menyelenggarakan kegiatan baris-berbaris, dan ini (harapannya) bisa dilaksanakan setiap tahun dengan jumlah peserta yang lebih banyak dengan hari yang lebih banyak, sehingga anak anak mempersiapkan diri untuk berlatih mengikuti perlombaan ini, dan pada intinya kita berharap dampak dari kegiatan ini adalah meningkatnya kedisiplinan kalian semua," katanya.


Ia juga menilai pelaksanaan LKBB ini merupakan wujud dari kepedulian TNI dalam rangka meningkatkan kedisiplinan, khususnya bagi para peserta LKBB.


"Juga dalam rangka meningkatkan yang berhubungan dengan bagaimana kita melatih diri menjadi bagian untuk  menyehatkan tubuh kita, mendisiplinkan tubuh kita dan juga adalah bagaimana kita membuat team work ini yang sangat penting kebersamaan tim work kalau lima orang satu peserta tidak bagus maka akan membuat tidak bagus," ucap Bupati Garut.


Sementara itu, Dandenpom III/2 Garut, Letkol CPM (K) Wiana Warsanah, menuturkan LKBB terselenggara dalam rangka memperingat ulang tahun ke- 76 Polisi Militer Angkatan Darat (POMAD )  yang jatuh pada tanggal 22 Juni lalu, juga dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus nanti.



"Terselenggaranya (lomba) PBB ini tujuannya untuk meningkatkan kebersamaan, di samping itu kita ada sinergitas antara kami selaku POMAD dengan masyarakat, kita mengadakan acara kegiatan Lomba PBB, agar anak-anak mempunyai atau kegiatan yang positif biar mereka lebih disiplin dalam kegiatan dan meningkatkan istilahnya cinta tanah air," tutur Dandenpom III/2 Garut.


Melalui LKBB ini, lanjut Wiana, diharapkan bisa menjadikan peserta menjadi seorang pemuda atau pemudi yang bisa meningkatkan kedisiplinan terutama dalam baris-berbaris, dan juga mampu meningkatkan kecintaan peserta kepada bangsa dan negara.


"Kebetulan kegiatan ini akan dilaksanakan tiap tahun karena pialanya Piala Bergilir Bupati dan Piala tetapnya dari Denpom," ungkapnya.


Di tempat yang sama, Juara 1 tingkat SMA LKBB Denpom III/2 Garut dari SMAN 6 Garut, M. Ardhan Sarbeni, mengaku dirinya merasa sangat senang sekali bisa meraih prestasi ini. Apalagi, menurutnya karena informasi terkait lomba ini mendadak, persiapan yang dilakukan oleh regunya hanya berkisar 1 minggu lebih saja.


"Harapannya ke depannya semoga di event-event selanjutnya kita bisa meraih prestasi lebih baik, lebih ditingkatkan, lebih bisa banyak membawa prestasi untuk nama baik sekolah SMA Negeri 6 Garut tercinta," tandasnya.


Dalam LKBB ini jumlah peserta terdiri dari 30 regu tingkat SD/sederajat, 25 regu tingkat SMP/sederajat, dan 23 regu tingkat SMA/sederajat.


Berikut daftar pemenang LKBB Denpom III/2 Garut tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Tahun 2022 :

*Tingkat SD/MI*

- Juara 1 SDN 3 Giriawas

- Juara 2 SDN Sukamerang

- Juara 3 SDN 1 Limbangan Barat

- Harapan 1 SDN 3 Pakuwon

- Harapan 2 SD Kartika

- Harapan 3 SD IT Persis Tarogong 2

- Harapan 4 SDN 2 Mandalasari

- Harapan 5 SD Muhammadiyah 4

- Juara Favorit SDN 6 Regol

- Komandan Terbaik SD IT Persis Tarogong 2

- Kostum Terbaik SDN Karamatwangi B

- Formasi Terbaik SDN 3 Pakuwon


*Tingkat SMP/MTs*

- Juara 1 SMPN 3 Garut

- Juara 2 SMPN 1 Cisurupan

- Juara 3 SMPN 2 Tarogong Kidul

- Harapan 1 SMPN 1 Cilawu B

- Harapan 2 SMPN 2 Garut

- Harapan 3 SMPN 1 Garut

- Harapan 4 SMPN 3 Bayongbong

- Harapan 5 SMPN 1 Tarogong Kaler

- Favorit SMPN Plus Sukaraja

- Komandan Terbaik SMPN 1 Cilawu B

- Kostum Terbaik SMPN Tarogong Kaler

- Formasi Terbaik SMPN 3 Garut


*Tingkat SMA/SMK/MA*

- Juara 1 SMAN 6 Garut

- Juara 2 SMAN 18 Garut

- Juara 3 SMAN 19 Garut

- Harapan 1 SMKN 9 Garut

- Harapan 2 SMAN 4 Garut

- Harapan 3 SMKN 4 Garut

- Harapan 4 SMAN 16 Garut A

- Harapan 5 SMKN 10 Garut

- Favorit SMAN 8 Garut

- Komandan Terbaik SMKN 9 Garut

- Kostum Terbaik SMAN 19 Garut

- Formasi Terbaik SMAN 4 Garut



Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto


0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini