Erqita News

Inspiratif Akurat & Terpercaya

test

Breaking

Post Top Ad

Tuesday

8 Alat Pendeteksi Tsunami Di Pantai Selatan Cianjur ,Sudah 5 Tahun Rusak


5 Alat pendeteksi Sunami Di Pantai selatan Cianjur Rusak
Alat Deteksi Sunami di Cianjur Sudah 5 Tahun Rusak

Cianjur,E News - Delapan alat pendeteksi tsunami atau Tsunami Early Warning Sistem (TEWS) yang dipasang di sepanjang laut Cianjur Selatan rusak selama lima tahun. 


Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, sejumlah alat pendeteksi tsunami itu sudah dipasang pada 2017 lalu. 


"Ada delapan alat pendeteksi tsunami yang dipasang di sepanjang gari pantai di Cianjur selatan di antaranya Kecamatan Agrabinta, Sindangbarang dan Cidaun," katanya, Senin (14/11/2022).

 

Namun saat ini, lanjut dia, kedelapan alat pendeteksi tsunami tersebut rusak akibat cuaca, sehingga tidak berfungsi.


Alat tersebut sudah rusak hampir selama lima tahun. 

"Alat memang sudah tidak berfungsi sejak lima tahun lalu karena jarang ada pemeliharaan, dan perawatannya pun yang berwenang oleh pemerintah pusat.


Kami hanya melakukan pengawasan terhadap alat deteksi yang disediakan BNPB. Sejak alat dipasang di pantai selatan Cianjur, tidak disertai dengan serah terima, sehingga kami tidak tahu harus berbuat apa, meski alat pendeteksi Tsunami sangat dibutuhkan ," katanya. 


Rudi menambahkan, pihaknya sudah melakukan laporan ke pemerintah pusat terksit delapan alat pendeteksi tsunami di Cianjur selatan yang sudah tidak berfungsi. 

"Kami sudah beberapa kali memberikan laporan ke BNPB, namun hingga kini belum ada tanggapan, dan perbaikan terhadap alat tersebut," kata dia. 


Selain itu, pihaknya mengatakan, dalam mengantisipasi terjadinya benca gempa dan tsunami disepanjang pantai Cianjur selatan telah dipasangi rambu evakuasi.

Penulis : Dp

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Di Sini

Post Top Ad

Your Ad Spot