445 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak di Penajam Paser Utara





Penajam, Erqita News - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), mengerahkan sekitar 445 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 14 desa di daerah itu pada Hari Minggu 29 Oktober 2023.


"Jumlah personel gabungan tersebut sudah siap untuk pengamanan pilkades serentak," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara Basri, di Penajam, Jumat.


Kesiapan personel gabungan itu, kata dia, ditandai dengan gelar pasukan pengamanan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara. Personel gabungan tersebut terdiri dari 235 anggota Polres, 78 anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0913, 70.anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan 44 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).


Dia menyebutkan sebanyak 51 calon kepala desa (kades) peserta pilkades serentak tahun 2023 ini telah melakukan tahapan kampanye, setelah itu masuk tahapan masa tenang sebelum dilakukan pencoblosan atau pemungutan suara pada Minggu, 29 Oktober 2023.


Data pemilih tetap (DPT) pilkades serentak, kata dia, sudah ditetapkan sebanyak 30.162 pemilih dengan 61 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.


DPT pilkades sebanyak 30.162 pemilih itu itu terdii dari 15.448 jiwa pemilih laki-laki dan pemilih perempuan 14.634 jiwa.


Adapun 14 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara yang menyelenggarakan pilkades  tahun (2023, di antaranya Desa Sidorejo dan Giripurwa di Kecamatan Penajam,  Desa Bangun Mulya (Kecamatan Waru), Desa Labangka, Gunung Intan, Rintik, Gunung Mulia dan Desa Labangka Barat (Kecamatan Babulu), serta Desa Bumi Harapan, Argo Mulyo, Semoi Dua, Suko Mulyo, Karang Jinawi dan Desa Telemow (Kecamatan Sepaku).


Dia juga, menghimbau seluruh calon kades yang bakal bertarung memperebutkan kursi atau jabatan kades itu agar mengikuti aturan yang berlaku selama proses pilkades serentak berlangsung.


"Diharapkan kegiatan pemungutan hingga penghitungan suara pilkades serentak di 14 desa itu berlangsung dengan aman, lancar dan kondusif," ujar Basri.


Pewarta: Irfan.S 

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini