Berita Garut Terkini,Wisata,Budaya,Pendidikan '

Erqita News

Berita Seputar Jawa Barat Terkini

Breaking

Post Top Ad

Tuesday

Sejumlah Daerah Akan Mulai Memasuki Musim Hujan Pada Sepetember Ini

Tahun ini, musim hujan di Indonesia akan datang lebih awal atau maju dari biasanya. BMKG pun meminta masyarakat untuk bersiap melakukan mitigasi potensi bencana hidrometeorologi.

 Selain prediksi musim hujan yang akan datang lebih awal dari biasanya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, sejumlah wilayah diIndonesia akan mengalami musim hujan lebih besar dari biasanya.


 Oleh karenaitu, BMKG mengimbau pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi, dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari serta mengurangi risiko bencana. BMKG memproyeksikan, dari total 342 zona musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 14,6% akan mengawali musim hujan pada September 2021, meliputi Sumatera bagian tengah dan sebagian Kalimantan.

 Kemudian, 39,1% wilayah pada Oktober 2021, mencakup Sumatra bagian Selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali.
Sementara 28,7% wilayah lainnya pada November 2021, meliputi sebagian Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.

 Pu ncak musim hujan periode 2021/2022, BMKG memperkirakan, terjadi pada Januari dan Februari 2022. “Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak, seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi,” kata Dwikorita.

 
Potensi bencana hidrometeorologi Dengan musim hujan lebih awal, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Dodo Gunawan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kejadian cuaca ekstrem yang bisa terjadi di masa peralihan, dari musim kemarau ke musim hujan Mulai hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir, hingga angin putinbeliung.

 
Sebab, tidak hanya bencana, perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat imunitas seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit. “Terlebih situasi Indonesia saat ini belum lepas sepenuhnya dari pandemi Covid-19. Waspada bencana hidrometeorologi dan jaga kesehatan selalu,” imbuhnya.
(Deni )**

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Di Sini

    Post Top Ad