3 Metode Pengobatan Penyakit Yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW

 

Madu Herbal Hitam Pahit 69
Madu herbal hitam Pahit 69 Dan Madu Aulia 69

E.News

Setiap penyakit itu pasti ada obatnya, Rasulullah SAW bersabda dari Jabir radhiayallahu anhu’ Rasulullah saw bersabda :

“setiap penyakit itu pasti ada obatnya. oleh karena itu, barang siapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Allah Azza wa Jalla dia akan sembuh.” (HR. Muslim dalam Kitab as-Salaam, bab Li kulli Daa-in Dawaa wa Istihbabut Tadaawii, Hadits no. 2204).


Allah swt juga sudah memberitahukan umat nya bahwasannya suatu penyakit ada penawarnya. Allah swt mengisyaratkan bahwa al-quran diturunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang-orang yang mukmin. Firman Allah Swt dalam beberapa surat:


” Dan kami menurunkan Al Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu’min “( Al-Isra : 82 ).

Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al Qur’an yaitu ” Asysyifa ” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh.


” Hai manusia , telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman ” ( Yunus : 57 ). 


Didalam al-quran juga dijelaskan bahwa Allah swt telah menjadikan alam semesta ini sebagai suatu sumber bahwasannya segala macam yang ada di alam semesta bisa digunakan untuk pengobatan. Contohnya seperti kurma, anggur, zaitun, dan madu. Firman Allah swt :


“dan makanlah oleh kamu bermacam-macam sari buah-buahan, serta tempuhlah jalan-jalan yang telah digariskan Tuhanmu dengan lancer. Dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam jenisnya yang dapat dijadikan obat untuk manusia. Dialamnya terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah swt bagi orang-orang yang memikirkan”. (An-nahl : 69).

“Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu seperti zaitun, kurma, anggur dan buah-buahan lain. Sesungguhnya pada hal-hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah swt bagi orang-orang yang mau memikirkan.” (An-Nahl : 11).


Dari hal yang sudah dibicarakan diatas terbukti bahwa al-quran mempunyai sumber ilmu pengetahuan yang luar biasa. Setiap kali Allah menurunkan penyakit, Allah pasti menurunkan penyembuhnya. Hanya ada orang yang mengetahuinya dan ada yang tidak mengetahuinya. Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat. Nabi Muhammad SAW sudah mengetahui dan menerapkan pengobatan yang terbukti kemanjurannya. Atas izin Allah swt suatu penyakit seseorang pasti akan sembuh dengan obat-obatan yang sudah dijelaskan dalam al-quran dan juga melalui metode pengobatan rasulullah SAW.


Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umatNya tidak lepas tingkah lakunya dari al-quran. Karena beliau menjadi suri tauladan yang baik bagi manusia.

Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umatNya tidak lepas tingkah lakunya dari al-quran. Karena beliau menjadi suri tauladan yang baik bagi manusia.


Ada tiga metode pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah saw, yaitu:

  1. Metode alamiah; menggunakan herbal atau tanaman obat sebagai pengobatan. Salah satu obat yang dianjurkan Rasulullah saw adalah madu. Rasulullah saw bersabda, “Hendaklah kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Al Quran.”
  2. Pengobatan Ilahiah; pengobatan yang dilakukan dengan memanjatkan do’a kepada Allah swt agar diberikan kesembuhan karena segala penyakit tentunya berasal dari takdir Allah swt yang maha kuasa.
  3. Metode ilmiah; metode yang diambil berdasarkan ilmu pengetahuan. Pada zaman Rasulullah saw., metode ilmiah yang terkenal adalah bekam. Bekam (al hijamah) adalah pengobatan yang bertujuan untuk membuang darah kotor yang akan mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, bekam juga bertujuan untuk membuang racun yang ada dalam tubuh, meluruskan tulang belakang sehingga gangguan kesehatan dapat diminimalkan. serta membersihkan dan menyeimbangkan suhu dalam tubuh agar terjadi harmonisasi yang menyebabkan seseorang dapat hidup sehat. Pengobatan dengan bekam kini sudah dikembangkan sesuai kemajuan teknologi dan manfaatnya sudah diakui oleh para dokter di rumah sakit.

  1. 1.  Madu

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam alquran suart An-Nahl : 68-69 bahwasannya madu sudah sangat dijelaskan didalam al-quran sebagai obat untuk manusia .

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.


Nabi Muhammad Saw bersabda : “Kesembuahan itu ada pada tiga hal, yaitu dalam pisau pembekaman, meminumkan madu, pengobatan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”. (HR. Bukhori no. 5681)


Menurut Imam Ibnu Qayyim al Jauziyah: “Madu memiliki banyak khasiatnya. Madu dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada usus, pembuluh darah, menetralkan kelembaban tubuh baik dengan cara dikonsumsi ataupun dioleskan. Madu sangat bermanfaat untuk lansia dan bagi mereka yang memiliki keluhan pada dahak atau yang metabolismenya cenderung lembab dan dingin” (Metode Pengobatan Nabi SAW hal 42-43).


Suatu kejadian ketika ada sahabat nabi datang kepada Nabi saw memberitahukan anaknya yang sedang sakit, kemudian Nabi menyuruh orang itu meminumkan madu kepada anaknya. Nabi juga menyuruh mengambil madu asli dan ketika madu diminumkan kepada anaknya hendaklah membaca do’a.


Sudah menjadi bukti bahwa madu adalah salah satu obat yang mujarab yang selalu dipakai oleh Nabi Muhammad saw pada masa itu. Ada suatu penelitian menjelaskan bahwa, luka bakar akan cepat sembuh apabila diberikan (diolesi) obat dengan madu bukan dengan yang lain. Itu baru merupakan salahsatu dari manfaat madu. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat madu bagi kesehatan :


  1. 1.  Sebagai sumber energy yang baik

Orang yang mengkonsumsi madu sebelum beraktifitas akan senantiasa tidak akan mudah mengalami kelelahan, dan juga orang yang berpuasa yang sebelumnya orang itu mengkonsumsi madu maka orang itu akan tidak mudah merasakan lapar dan energy nya akan tetap terjaga dalam tubuh. Kenapa bisa begitu ? sebab, madu mempunyai fruktosa dan glukosa yang dapat mudah diubah menjadi energy dalam tubuh. Madu akan memberikan cadangan makanan dalam tubuh, sehingga tubuh kita tidak mudah mengalami kelelahan.


  1. 2.  Tidak menyebabkan resiko diabetes

Pada madu tentunya mengandung zat yang baik dalam tubuh yang tidak akan merugikan kesehatan bagi tubuh kita. Hal ini sudah tercantum dalam al-quran. Jadi, madu bisa digunakan untuk pengganti gula dan tentunya aman bagi penderita diabetes.

  1. 3.  Membantu penyerapan kalsium

Madu mempunyai kandungan asam glukonat yang dapat mempercepat penyerapan kalsium.

  1. 4.  Madu baik untuk pencernaan

Ada banyak manfaat madu bagi pencernaan kita yaitu :

  • Madu baik untuk mengatasi tukak lambung dan mencegah iritasi pada lambung yang disebabkan oleh resiko dari makanan dan minuman beralkohol, obat-obatan ataupun yang lainnya. Menurut pengalaman seseorang, ketika orang itu mengalami penyakit lambung. Dia  sudah beberapa kali minum obat-obatan tetapi tidak selalu membuahkan hasil, kemudian waktu itu dia memutuskan untuk mengkonsumsi madu dan menghentikan meminum obat sehingga lambung dia membaik dan tidak mudah terasa perih. Madu memang obat yang mujarab bagi tubuh kita, tidak ada salahnya kita mencoba pengobatan dengan madu. Anjuran meminum obat dengan madu sudah dituliskan dengan jelas dalam alquran.

  • Madu sebagai obat untuk memperlancar buang air besar, mengatasi konstipasi ataupun sembelit, dan mengatasi dalam masalah diare dengan cara membantu penyerapan air dan elektrolit dan akan mengahambat bakteri E.colli yang dapat menyebabkan diare.

  1. 5.  Sebagai anti oksidan

Madu mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, enzim, asam fenolik, asam organic dan flavonoid yang akan bermanfaat sebagai anti oksidan yang tinggi.

  1. 6.  Madu akan meningkatkan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh dan menghambat bakteri yang merugikan bagi tubuh.

Madu mempunyai sifat antimikroba. madu akan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan menghambat bakteri yang merugikan seperti helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung.


  1. 7.  Madu akan mempercepat proses penyembuhan luka

Madu bersifat higroskopis yang tinggi yang akan mudah menyerap air. Sehingga jika madu dioleskan ke luka terbuka, madu akan mempercepat penyerapan kandungan air pada luka tersebut. Sehingga luka akan mudah kering. Madu juga mengurangi pembengkakan pada luka dan luka akan sembuh lebih cepat. Sifat antimikroba yang terkandung dalam madu akan menghambat  pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga luka akan tidak mudah terinfeksi.

Penulis : Deni Permana


Pesan Madu Herbal 69 Bisa Hubungi 

Wa: 082217252272

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close