Pemkab Garut Terus Berupaya Tingkatkan Aksebilitas Pariwasata Garut bagian Selatan

Pantai Cilame desa Purbayani rancabuaya beach
Pantai Cidora Desa Purbayani Kec Caringin Kab Garut Jawa Barat



Caringin,Garut,E News - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, terus berupaya meningkatkan aksebilitas Pariwisata di Garut bagian selatan. Bila aksesibikitas terpenuhi dengan baik, tidak menutup kemungkinan dapat mendorong potensi daerahnya dalam mendukung kepariwisataan di daerahnya.



Dalam siaran pers Humas Jabar, Selasa (23/8/2022), Kepala Dinas Pariwasata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Agus Ismail, menyatakan, pihaknya akan terus mendorong peningkatan potensi di Garut Selatan, setelah infrastruktur bagus.

Baca Juga 

"Kalau (aksebilitas) sudah bagus, bisa mendorong orang dan infrastruktur pendukung, atraksi dan kelengkapan pendukungnya. Ini yang kita dorong terus potensi meningkatkan potensi di Garut Selatan,” ujar Kadisparbud Garut yang akrab disapa Agis ini.

Pantai Rancabuaya Purbayani
Rancabuaya beach desa Purbayani Caringin Garut


Selain aksebilitas, imbuh Agis, pengembangan infrastruktur destinasi wisata juga membutuhkan perhatian yang cukup besar baik itu dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Terlebih, sektor pariwisata ini memiliki _multiplier effect_, terhadap sektor-sektor lain, sekaligus penggerak perekonomian dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



"Kita berharap apa yang telah menjadi komitmen bersama kita, baik itu Pemerintah Kabupaten Garut dan Provinsi Jawa Barat termasuk juga Pemerintah Pusat terkait implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2021 itu (tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar Bagian Selatan) segera ditindaklanjuti,” katanya saat memantau persiapan _Cycling de Jabar_ 2022 di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut.



Agis juga menjelaskan dalam pengembangan wisata di Garut Selatan , pihaknya berkolaborasi dengan berbagai komunitas, seperti Kelompok Gerak Pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata.

"Ini salah satu elemen dalam pengembangan wisata, karena mereka nantinya memberikan edukasi kepada masyarakat. Kontribusi masyarakat juga penting, bagaimana membangun keamanan dan kenyamanan," tandasnya.



Sebuah kesempatan baik bagi Kabupaten Garut, terlebih daerah yang memiliki panjang pantai sekitar 80 Km ini menjadi salah satu kabupaten yang terlewati dalam acara _Cycling De Jabar_ atau Tour Sepeda Jabar Selatan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Agustus 2022.



Acara ini akan menempuh jarak sekitar 354 kilometer (km) dengan titik awal (start) di Pantai Ciletuh Kabupaten Sukabumi dan titik akhir (finish) di Pantai Kabupaten Pangandaran.

Cycling de Jabar_ ini nantinya akan melewati 6 kabupaten yang ada di Jabar bagian selatan salah satunya yakni Kabupaten Garut. Adapun 5 kabupaten lain yang akan terlintasi yaitu Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Penulis : Deni Permana

0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini



close