Seni Akrobatik,Seni Tradisional Asal Garut

 

Seni Lais Kesenian Tradisioanl
Seni lai seni Tradisional,Seni Akrobatik  Membuat tegang yang melihatnya



Budaya,E News – Seni Lais merupakan seni akrobatik tradisional asal Garut, Jawa Barat. Pada 2016, lais sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.



Seni lais Garut ini dimainkan dengan menggunakan dua batang bambu sepanjang 12-13 meter, seutas tali tambang, dan iringan musik tradisional Sunda. Kemudian tali tersebut diikat dan dihubungkan dengan dua tiang bambu yang berjarak sekitar 6 meter.


Pada acara hajat laut Rancabuaya kesenian Tradisional,laiis Ikut ditampilkan bahkan samapai menyita perhatian penonton.

Semua atraksi dilakukan tanpa pengaman, makanya tidak untuk ditiru dan perlu latihan yang cukup lama. Dengan kehebatannya itu, pertunjukan lais kerap memukau dan membuat para penonton histeris.



Penonton pun semakin terhibur dan seolah terhiptonis, larut dalam alunan musik tradisonal Sunda yang mengiringi atraksi. Ada tabuhan kendang, reog, terompet Sunda, kadang ditambah aksi lawakan dan pencak silat.



Secara historis, beberapa sumber menyebutkan, istilah lais sendiri berasal dari seorang pemanjat pohon kelapa bernama Laisan. Ia berasal dari Kampung Nangka Pait, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.



Laisan dikenal sangat terampil dalam memanjat pohon. Karena keahliannya itu, Laisan selalu menjadi tontonan masyarakat saat memanjat pohon. Lama-lama kegiatan ini menjadi kebiasaan dan hiburan masyarakat.

Penulis : Siti nurjanah


0 Comments

Tinggalkan Komentar Di Sini